Pusat Pengalaman Lapangan LP3M selenggarakan Monev Tahap-1 Program Mengajar di Sekolah (PMS) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Sekolah Mitra Wilayah Utara-Utara

Oleh: Abdulrahim Maruwae . 11 Mei 2023 . 23:20:31

Program Mengajar di Sekolah (PMS) MBKM Batch 3 Periode Genap 2022/2023 yang telah berjalan hampir 2 bulan sejak mahasiswa berada di sekolah mitra, menunjukkan adanya partisipasi aktif mahasiswa dan mitra dalam merealisasikan program kerja. Informasi ini diperoleh dari Monitoring dan Evaluasi Tahap 1 yang dilaksanakan oleh Ketua LP3M UNG bersama Tim di Sekalah Mitra Wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Kabupatan Gorontalo Utara yang dilaksanakan pada 8 s.d 11 Mei 2023.

Ketua LP3M UNG Prof. Dr. Elya Nusantari, M.Pd. dalam kunjungannya, menyampaikan bahwa monev PMS tahap-1 ini sebagai tahapan penting dalam memastikan program kerja setiap mahasiswa telah dijalankan sesuai dengan Rancangan Kegiatan Awal yang telah disetujui oleh guru pamong dan DPL, sekaligus mendapatkan informasi mengenai program unggulan yang sedang dan akan dijalankan oleh mahasiswa disetiap sekolah mitra. Monev juga bertujuan untuk mengetahui masalah atau kendala/hambatan yang dirasakan mahasiswa, guru pamong dalam menjalankan program PMS. “Monev yang kami lakukan, dalam rangka melihat kesesuaian dan ketercapaian program yang telah direncanakan oleh mahasiswa bersama pihak sekolah baik yang telah dilaksanakan atau yang belum dilaksanakan” jelasnya. “Kegiatan mahasiswa di sekolah selama empat bulan ini kiranya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah melalui program-program unggulan mahasiswa”, pungkasnya. Selain itu, dalam monev awal ini  ikut diserahkan seragam mahasiswa PMS dan Kartu Asuransi.

Ketua LP3M juga berpesan kepada para mahasiswa agar memaksimalkan waktu yang tersisa, untuk menyelesaikan program-program yang telah direncanakan bersama pihak sekolah, memberikan yang terbaik dan menjadikan pengalaman di sekolah sebagai pembelajaran yang berharga yang benar-benar setara dengan 20 SKS sesuai tujuan dari program ini.

Kepala Pusat Pengalam Lapangan/Ketua Panitia Program Mengajar di Sekolah (PMS) Dr. Muhammad Yusuf, M.Pd mengutarakan harapan dari pihak sekolah, bahwa kehadiran mahasiswa PMS Merdeka Belajar Kampus Merdeka dirasakan sangat membantu pihak sekolah dalam menerapkan pembelajaran yang inovatif, membantu pihak sekolah dalam berbagai aktivitas persekolahan serta mengatasi adanya kekurangan guru dibeberapa sekolah. Kepala Sekolah berharap agar program PMS ini tetap dapat dilaksanakan di sekolah mereka pada periode berikutnya.

Agenda

3 - 6 November 2023

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi
dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo dilaksanakan mulai Jumat, Sabtu, Minggu, hingga Senin/ 3, 4, 5, 6 Oktober 2023.

18 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan pencapaian kinerja LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Rabu, 18 Oktober 2023. Waktu 09.30 Wita di Aula LP3M Lt. 2

16 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan Visi dan Misi LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Senin, 16 Oktober 2023. Waktu 09.00 Wita di Aula LP3M Lt. 2

12 Oktober 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair Gorontalo 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair LLDIKTI XVI Digelar di UNG pada 12 Oktober 2023