94 Mahasiswa UNG Ikuti Pelaksanaan Coaching PLP-2 Jalur Khusus Tahun 2023

Oleh: Abdulrahim Maruwae . 9 Oktober 2023 . 11:17:31

Pusat Pengalaman Lapangan LP3M UNG menggelar Coaching Pelaksanaan PMS PLP-2 (Jalur Khusus) Periode Tahun 2023 secara daring. Sebanyak 94 mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo (UNG) mengikuti pelaksanaan coaching melalui aplikasi zoom meeting yang berlangsung pada Senin (9/10/2023). Kegiatan coaching PLP-2 ini bertujuan untuk memberikan bimbingan teknis pelaksanaan program serta membekali pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa yang akan melaksanakan PLP-2 di Sekolah Mitra yang ada di Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo.

Ketua LP3M UNG, Prof. Dr. Hj. Elya Nusantari, M.Pd., mengatakan bahwa kegiatan ini bermaksud memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang konsep, tujuan, manfaat, dan proses pelaksanaan PLP-2. Ia juga mengatakan bahwa PLP merupakan salah satu program pengalaman lapangan bagi mahasiswa program studi kependidikan yang diselenggarakan oleh UNG dalam rangka mempersiapkan calon guru yang kompeten dan profesional.

“Kami berharap seluruh peserta mengikuti dengan baik seluruh materi coaching ini, karena materi yang diberikan oleh para narasumber sangat bersentuhan dengan aktivitas kegiatan di sekolah. Dalam PLP-2 nanti, mahasiswa dapat mengasah keterampilan dan profesionalisme calon guru melalui pengalaman selama kegiatan persekolahan. Sekolah juga dapat terbantu dalam berbagai aktivitas, seperti ketambahan tenaga pengajar dan peningkatan kualitas pembelajaran.” ujar Prof. Elya.

Materi-materi yang diberikan pada kegiatan ini meliputi Kebijakan Pengembangan Profesi Guru dan Peningkatan Kompetensi, Pengembangan Pendidikan dan Tata Kelola PLP, Pembelajaran Inovatif, Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21, Sistem Pembimbingan Mahasiswa PLP dan Sistem Penilaian Kegiatan PLP. Narasumber yang terdiri dari tim LP3M ini memaparkan tentang konsep, tujuan, manfaat, ruang lingkup dan mekanisme pelaksanaan PLP. Kegiatan ini juga dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab antara narasumber dan peserta mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan.

Kepala Pusat Pengalaman Lapangan selaku Ketua Panitia Dr. Muhammad Yusuf, M.Pd menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan PLP-2 Semester Ganjil 2023-2024 ini melibatkan 6 sekolah mitra di wilayah Bone Bolango. Pelaksanaan Coaching dimulai pada pukul 08.30 wita. Melalui coaching pada hari ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami tujuan, mekanisme dan evaluasi pelaksanaan PLP-2.

“Kegiatan coaching PLP-2 jalur khusus ini diikuti 94 mahasiswa yang berasal dari Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Pendidikan Ekonomi, dan Pendidikan Seni Rupa. Insya Allah pengantaran ke sekolah mitra direncanakan pada Selasa 10 Oktober 2023”, ujar Muhammad Yusuf.

 

 

Agenda

3 - 6 November 2023

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi
dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo dilaksanakan mulai Jumat, Sabtu, Minggu, hingga Senin/ 3, 4, 5, 6 Oktober 2023.

18 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan pencapaian kinerja LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Rabu, 18 Oktober 2023. Waktu 09.30 Wita di Aula LP3M Lt. 2

16 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan Visi dan Misi LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Senin, 16 Oktober 2023. Waktu 09.00 Wita di Aula LP3M Lt. 2

12 Oktober 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair Gorontalo 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair LLDIKTI XVI Digelar di UNG pada 12 Oktober 2023