Perkuat Pengembangan Kurikulum Program Studi di UNG, LPMPP Gelar Workshop Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE)

Oleh: Abdulrahim Maruwae . 6 Maret 2024 . 17:39:58

Pusat Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Diklat Sertifikasi Kompetensi LPMPP Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menggelar kegiatan Workshop Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE) di lingkungan UNG, Rabu 6 Maret 2024 secara hybrid.

Kegiatan ini diikuti oleh wakil dekan/wakil direktur bidang akademik dan ketua unit penjamu dari masing-masing fakultas/pasca sarjana serta kepala-kepala pusat di lingkungan LPMPP secara luring di Aula LPMPP serta secara online melalui zoom meeting yang diikuti oleh unsur pimpinan dan para dosen di lingkungan UNG.

Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Diklat Sertifikasi Kompetensi LPMPP Dr. Masrid Pikoli, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi sangat penting dalam memahami konsep kurikulum OBE secara mendalam dan menerapkannya secara efektif didalam penyusunan dan implementasi kurikulum program studi.

“Melalui kegiatan ini kami berharap semua pihak dapat lebih memahami esensi kurikulum berbasis OBE, bagaimana mengidentifikasi dan bagaimana merumuskan tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur serta bagaimana merancang strategi pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut.

Selanjutnya melalui serangkaian diskusi diharapkan dapat diperoleh pemahaman yang diperlukan untuk mengimplementasikan penyusunan kurikulum berbasis OBE secara efektif dalam lingkungan pembelajaran di bidang studi masing-masing. Untuk itu, mohon masukan dari bapak dan ibu untuk perbaikan ke depan,” ujarnya.

Dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan, Ketua LPMPP UNG Prof. Dr. Hj. Elya Nusantari, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberikan pemahaman bersama dalam menyikapi segala perkembangan yang ada, serta dapat mengimplementasikan Permendikbud No. 53 untuk dapat menopang perkembangan kurikulum yang ada di UNG.

“Dalam kegiatan ini juga dapat dibahas bagaimana merumuskan CPL sebagaimana amanah permen terbaru. Kurikulum berbasis OBE juga merupakan kebutuhan penting bagi program studi di UNG terutama dalam mempersiapkan akreditasi internasional”, ungkapnya.

Kegiatan ini mengadirkan narasumber yang berpengalaman dalam pembelajaran dan kurikulum berbasis OBE yakni Dr. Lukman Dono, MT. Kegiatan ini berlangsung sehari mulai pukul 09.30 hingga pukul 12.30 wita, dengan total peserta yang mengikuti kegiatan ini mencapai 500 orang.

 

Agenda

3 - 6 November 2023

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi
dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo dilaksanakan mulai Jumat, Sabtu, Minggu, hingga Senin/ 3, 4, 5, 6 Oktober 2023.

18 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan pencapaian kinerja LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Rabu, 18 Oktober 2023. Waktu 09.30 Wita di Aula LP3M Lt. 2

16 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan Visi dan Misi LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Senin, 16 Oktober 2023. Waktu 09.00 Wita di Aula LP3M Lt. 2

12 Oktober 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair Gorontalo 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair LLDIKTI XVI Digelar di UNG pada 12 Oktober 2023