Seminar Perdana Rekognisi Skripsi di Fakultas Kedokteran UNG, Kepala LPMPP Pastikan Pelibatan Pihak Pelaksana Teknis Rekognisi Prestasi Mahasiswa

Oleh: Abdulrahim Maruwae . 11 Januari 2024 . 19:47:10

Hadiri presentasi seminar perdana rekognisi skripsi bagi mahasiswa yang meraih juara pada ajang PIMNAS 2023, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) memastikan proses rekognisi prestasi mahasiswa melibatkan pihak pelaksana teknis. Seminar rekognisi ini dilaksanakan di Ruang Sidang Fakultas Kedokteran UNG, pada Kamis (11/01/2024).

Pihak pelaksana teknis yang hadir dalam seminar ini meliputi berbagai pihak yang terdiri dari unsur LPMPP dihadiri oleh Kepala LPMPP dan Kapus MKBM, pihak BAKP dihadiri oleh Kepala BAKP, unsur akademik fakultas di hadiri oleh Dekan, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Kedokteran, Koordinator Program Studi Kedokteran, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Koordinator Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi.

Seiring transformasi di dunia pendidikan dan dengan digulirkannya Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), terdapat kemudahan bagi mahasiswa untuk merekognisi suatu kegiatan menjadi mata kuliah maupun tugas akhir. Banyak kegiatan yang diwadahi dalam MBKM dan kegiatan kemahasiswaan yang menorehkan prestasi dapat direkognisi oleh universitas, bahkan besarannya hingga 20 SKS.

Pada kesempatan ini, Kepala LPMPP UNG Prof. Dr. Elya Nusantari, M.Pd mengungkapkan bahwa dalam proses awal ini pihak yang terlibat dalam pelaksana teknis program rekognisi prestasi mahasiswa masih memantapkan diskusi terkait mekanisme pelaksanaan seminar rekognisi skripsi, proses ini merupakan tahapan rekognisi yang harus diseragamkan untuk semua prodi dan fakultas berdasarkan panduan rekognisi prestasi mahasiswa.

“Yang kami lakukan adalah melihat bagaimana presentasi dari mahasiswa, pameran hasil produk mereka. Jadi, pertanyaan bersifat umum tidak sampai jauh mendalam ke ranah keilmuan, karena kami tidak berkompeten untuk menguji bidang keilmuan mahasiswa. Tahapan ini bisa memberikan kesempatan kepada kami untuk melakukan crosscek, apa yang telah dilakukan oleh mahasiswa, bagaimana pandangan dari berbagai pihak pelaksana teknis rekognisi”, ungkap Prof. Elya.

Seminar ini dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Kedokteran, Dr. dr. Vivien Novarina A. Kasim, M.Kes. Dimulai dari presentasi mahasiswa secara bergilir, mulai dari Muh. Rizky Pratama Saiu (FK), Ainun Fauzia Habie (FK), Putri Ayu Eka Lestari (FK), Wandi Patalani (FEB), dan Nadzwa Maulana Lynn (FK). Program Kreatifitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKM-K) dengan judul Karawo Hits: Kerawang Motif Histologi Jaringan Tubuh Manusia Berbasis Aplikasi Pixelart Sebagai Upaya Meningkatkan Nilai Jual Kerajinan Kerawang ini meraih medali perak pada PIMNAS Tahun 2023. Tim yang dibimbing oleh dr. Abdi Dzul Ikram Hasanuddin, M.Biomed merupakan kolaborasi mahasiswa dari Prodi Kedokteran FK dan Prodi S1 Pendidikan Ekonomi FEB.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Kedokteran Dr. dr. Cecy Rahma Karim, Sp.GK., menghaturkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan dalam proses meraih kejuaraan pada ajang PIMNAS tahun 2023. “Sejak awal saya sudah yakin mereka bagus, dengan memperhatikan kesungguhan dan kekompakan mereka sebelum berangkat mengikuti lomba saya optimis mereka bisa meraih juara. Semoga prestasi ini dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi dan menghasilkan karya-karya yang bermanfaat bagi masyarakat” ujarnya.

Agenda

3 - 6 November 2023

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi
dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo dilaksanakan mulai Jumat, Sabtu, Minggu, hingga Senin/ 3, 4, 5, 6 Oktober 2023.

18 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan pencapaian kinerja LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Rabu, 18 Oktober 2023. Waktu 09.30 Wita di Aula LP3M Lt. 2

16 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan Visi dan Misi LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Senin, 16 Oktober 2023. Waktu 09.00 Wita di Aula LP3M Lt. 2

12 Oktober 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair Gorontalo 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair LLDIKTI XVI Digelar di UNG pada 12 Oktober 2023