Percepatan Studi Lulus 3,5 Tahun, Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNG Perdana Ujian Skripsi Dari Program Riset MBKM

Oleh: Abdulrahim Maruwae . 15 Januari 2024 . 17:27:51

Hadiri presentasi ujian skripsi bagi mahasiswa yang mengikuti MBKM Program Riset, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) memastikan tahapan pelaksanaan MBKM Riset yang telah dicapai oleh mahasiswa dilingkungan Jurusan Biologi FMIPA UNG. Seminar Ujian Skripsi ini dilaksanakan di Ruang Sidang Ujian Skripsi Jurusan Biologi, pada Jumat (12/01/2024).

Program Riset MBKM yang diikuti mahasiswa Biologi ini telah sesuai dengan Panduan Ekuivalensi Kegiatan MBKM UNG. Para mahasiswa telah menyusun proposal kegiatan untuk di ekuivalensi dengan 20 sks dengan menunjukkan pencapaian CPL prodi melalui aktivitas kegiatan, mereka juga terlibat secara aktif dalam kegiatan penelitian dengan tim mitra. Dengan menyelesaiakan ujian skripsi, mahasiswa telah memiliki tingkat kemampuan penelitian yang setara dengan level sarjana.

Mahasiswa Program Studi Biologi FMIPA yang mengikuti kegiatan MBKM Program Riset ini memperoleh pendanaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK) melalui Program "Matching Fund Kedaireka Tahun 2023" dengan dukungan penuh dari Mitra Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Gorontalo. Dalam program ini mahasiswa dibimbing oleh Prof. Dr. Margaretha Solang, M.Si.

Pada kesempatan ini, Kepala LPMPP UNG Prof. Dr. Elya Nusantari, M.Pd mengungkapkan bahwa program MBKM Riset mahasiswa dari Jurusan Biologi ini merupakan luaran dari kegiatan Kedaireka yang diketuai oleh Prof. Margaretha Solang dimana salah satu luaran programnya adalah melibatkan mahasiswa dalam MBKM Riset.

“Selamat saya ucapkan kepada mahasiswa Biologi. Ini merupakan ujian skripsi perdana di UNG dari kegiatan MBKM, dari 5 mahasiswa yang mengikuti program, saat ini 4 mahasiswa Prodi Biologi telah berhasil sampai tahapan ujian skripsi, 1 mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi sementara persiapan ujian skripsi. Mahasiswa Biologi berhasil lulus dengan IPK di atas 3,7, mereka menjadi calon mahasiswa S1 yang lulus 7 semester tanpa nilai C. Program ini memberi peluang bagi mahasiswa mencapai Cumlaude,” jelas Prof. Elya.

Kegiatan ujian skripsi ini dihadiri Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FMIPA UNG, Pimpinan Jurusan dan Program Studi, dosen pembimbing, dan dosen penguji.

 

Agenda

3 - 6 November 2023

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi
dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo dilaksanakan mulai Jumat, Sabtu, Minggu, hingga Senin/ 3, 4, 5, 6 Oktober 2023.

18 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan pencapaian kinerja LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Rabu, 18 Oktober 2023. Waktu 09.30 Wita di Aula LP3M Lt. 2

16 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan Visi dan Misi LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Senin, 16 Oktober 2023. Waktu 09.00 Wita di Aula LP3M Lt. 2

12 Oktober 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair Gorontalo 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair LLDIKTI XVI Digelar di UNG pada 12 Oktober 2023