Benchmarking serta Workshop Kurikulum OBE dan Penjaminan Mutu di Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Oleh: Abdulrahim Maruwae . 9 Maret 2023 . 10:14:00

Dalam rangka meningkatkan kualitas penjaminan mutu serta meningkatkan kualitas kurikulum dalam menjawab tantangan masa depan, serta persiapan akreditasi internasional, LP3M UNG melakukan Benchmarking serta workshop Kurikulum OBE dan penjaminan mutu di Universitas Negei Jakarta (UNJ). Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari dilaksanakan di Kampus Universitas Negeri Jakarta dengan melibatkan berbagai unsur yang ada di UNG mulai dari Pimpinan Universitas, Biro akademik Fakultas/Pascasarjana, Lembaga LP3M serta LP2M, serta Penjamu Fakultas/Pascasarjana. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor UNJ, Bapak Prof. Dr. Komarudin, M.Si, dan juga di hadiri oleh Wakil Rektor II UNJ, dan tim LP3M UNJ.

Selain kegiatan “benchmarking” dan workshop kurikulum OBE, juga dilakukan pendatangan PKS antara ketua LP3M UNG dan UNJ untuk meningkatan Mutu kedua perguruan tinggi yang sudah meraih akreditasi dengan predikat “UNGGUL”.

Pada kesempatan ini, Prof. Dr. Elya Nusantari sebagai ketua LP3M sekaligus ketua rombongan mengatakan bahwa kegiatan ini sangat perlu dilakukan selain untuk persiapan akreditasi internasional UNG, juga untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para pimpinan (Biro, Dekan, Lembaga, Wakil Dekan) dan penjamu serta staf dalam memahami siklus PPEPP dan proses akreditasi baik oleh BAN-PT, Lembaga Akreditasi Mandiri maupun Akreditasi oleh lembaga Internasional seperti FIBAA, ASIIN dan lain-lain.

Professor Dr. Muhammad Zid, M.Pd  selaku ketua LP3M UNJ menyambut baik kegiatan ini. Bahkan beliau mengatakan bahwa suatu kehormatan bagi UNJ dalam menerima delegasi dari UNG untuk melakukan “sharing session” karena Universitas Negeri Gorontalo dan Universitas Negeri Jakarta bagaikan saudara kandung (mengingat hubungan baik UNG dan UNJ sudah berlangsung sejak lama), untuk itu beliau menyampaikan bahwa pemateri yang dilibatkan dalam kegiatan ini adalah para dosen yang ada di lingkungan UNJ dan sudah memiliki pengalamandan berkompeten dibidangnya. Semoga apa yang diberikan oleh pemateri dapat diterapkan di UNG bahkan dikembangkan.

Semua peserta diberikan berbagai materi mulai dari Sistem Penjaminan Mutu Internal, Akreditasi Internasional, Akreditas Prodi. Selain itu dilakukan visit best practice ke unit-unit yang ada di LP3M UNJ dan pada hari terakhir (hari ke-3) setiap peserta akan mengerjakan tugas mandiri yang diberikan oleh panitia sebagai bahan evaluasi dari kegiatan selama 3 hari. Selengkapnya: https://www.kompas.com/edu/read/2023/03/08/154413771/lp3m-ung-dan-unj-gelar-lokakarya-kurikulum-obe-dan-penjaminan-mutu

Agenda

3 - 6 November 2023

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi
dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo dilaksanakan mulai Jumat, Sabtu, Minggu, hingga Senin/ 3, 4, 5, 6 Oktober 2023.

18 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan pencapaian kinerja LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Rabu, 18 Oktober 2023. Waktu 09.30 Wita di Aula LP3M Lt. 2

16 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan Visi dan Misi LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Senin, 16 Oktober 2023. Waktu 09.00 Wita di Aula LP3M Lt. 2

12 Oktober 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair Gorontalo 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair LLDIKTI XVI Digelar di UNG pada 12 Oktober 2023