Bimbingan Teknis Pengembangan Inovasi Modul Digital (IMD)

Oleh: Abdulrahim Maruwae . 7 Oktober 2022 . 17:20:43

Pusat Pengembangan dan Inovasi Pembelajaran LP3M bersama Tim LMS (SPADA UNG) melaksanakan Bimbingan Teknis pengembangan Inovasi Modul Digital (IMD) pembelajaran daring bagi dosen di lingkungan UNG. Kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 5 sampai 7 Oktober 2022 ini merupakan rangkaian kegiatan yang diawali dengan sosialisasi penyusunan proposal, lalu dilakukan review oleh tim pengembangan LMS dan dari hasil review ditetapkan 43 matakuliah yang terpilih untuk mendapatkan bantuan pengembangan IMD. Para penerima bantuan tersebut selanjutnya diberikan bimbingan teknis dalam mendesain dan mengembangkan produk IMD yang berkualitas. Pelaksanaan bimtek ini diharapkan dapat menambah kreativitas para dosen yang mendapatkan stimulus bantuan untuk menghasilkan produk pembelajaran daring yang benar-benar mampu memfasilitasi pengalaman dan keterlibatan belajar mahasiswa. Pada bimtek ini, para dosen mendapatkan materi terkait merancang pembelajaran daring yang memiliki aspek keunggulan inovatif dalam pembelajaran, rancangan instruksional, pemanfaatan teknologi, student engagement yang diselenggarakan secara daring menggunakan metode pembelajaran berbasis kasus (case method) atau berbasis proyek tim (team-based project).

Selain itu, Ketua LP3M UNG Prof. Dr. Elya Nusantari, M.Pd yang turut hadir membuka kegiatan bimtek tersebut, menyampaikan bahwa pemberian bimtek kepada para dosen yang mendapatkan bantuan IMD diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dosen tersebut dalam pengembangan IMD dalam rangka mendukung implementasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dan akselerasi pencapaian Indeks Kinerja Utama (IKU) di Universitas Negeri Gorontalo. Program bantuan IMD diharapkan pula dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas modul/materi digital yang terbuka dan mudah diakses oleh mahasiswa melalui laman SPADA UNG. Universitas Negeri Gorontalo telah meberikan perhatian khusus kepada para dosen dengan menyediakan bantuan berupa stimulus dana bagi dosen disetiap program studi untuk mengembangkan Inovasi Modul Digital (IMD) pembelajaran daring. Sehingga kesempatan ini benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan menghasilkan luaran berupa produk Inovasi Modul Digital (IMD) berupa learning object materials untuk mendukung capaian pembelajaran yang dapat diikuti oleh mahasiswa dari program studi sama atau lain di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo dan/atau mahasiswa dari PT lain melalui maupun mahasiswa perguruan tinggi lain yang telah bermitra. Dalam akhir sambutannnya Ketua LP3M yang disapa Prof. Elya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan yang telah memfasilitasi kebijakan dan pendanaan pada program ini, dan juga ucapan terima kasih kepada UPT-TIK UNG yang telah menyiapkan infrastruktur sarana e-learning yang efektif dapat dimanfaatkan oleh seluruh insan akademik Universitas Negeri Gorontalo.

 

 

Agenda

3 - 6 November 2023

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi
dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo dilaksanakan mulai Jumat, Sabtu, Minggu, hingga Senin/ 3, 4, 5, 6 Oktober 2023.

18 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan pencapaian kinerja LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Rabu, 18 Oktober 2023. Waktu 09.30 Wita di Aula LP3M Lt. 2

16 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan Visi dan Misi LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Senin, 16 Oktober 2023. Waktu 09.00 Wita di Aula LP3M Lt. 2

12 Oktober 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair Gorontalo 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair LLDIKTI XVI Digelar di UNG pada 12 Oktober 2023