Kembangkan Kompetensi Profesional, 40 Dosen UNG Ikuti Pelatihan Applied Approach (AA)

Oleh: Abdulrahim Maruwae . 28 Juli 2023 . 07:27:44

Sebagai tindak lanjut dalam meningkatkan profesionalitasnya, 40 Dosen Universitas Negeri Gorontalo yang telah dinyatakan lulus mengikuti Pelatihan Pekerti pada awal Juli 2023 silam, kembali mengikuti pelatihan Applied Approach (AA) yang digelar oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sertifikasi Profesi LP3M UNG (27/7/2023). Pembukaan pelatihan ini diawali dengan sambutan dari Ketua LP3M UNG, yang diwakili oleh Sekretaris LP3M Drs. Sumarno Ismail, M.Pd. Dalam sambutannya beliau berharap seluruh peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, mengingat penyelenggaran pelatihan AA ini terbatas pesertanya.

“Peserta yang mengikuti pelatihan mulai hari ini merupakan lanjutan dari Pelatihan Pekerti yang telah dinyatakan lulus. Peserta direkomendasikan oleh masing-masing fakultas sejak Pelatihan Pekerti. Merupakan keberuntungan tersendiri bagi peserta bisa mengambil bagian lebih awal dari calon yang tersisa yang masih sekitar 200 orang lebih. Bagi fakultas yang ingin menyelenggarakan kegiatan Pekerti dan AA secara mandiri, dapat bekerja sama antar fakultas. Dalam hal ini, LP3M dapat memfasilitasi pelaksanaan, mulai dari tempat pelaksanaan, narasumber sampai jaminan mutu pelaksanaannya” jelasnya.  

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula LP3M lantai 2 ini, dibuka oleh Rektor Universitas Negeri Gorontalo yang diwakili oleh Wakir Rektor Bidang Akademik Dr. Harto S. Malik, M.Hum. Dalam sambutan pembukaan, Wakil Rektor I menyampaikan pentingnya kegiatan pelatihan AA dalam meningkatkan kompetensi profesional dosen, yang memungkinkan penyesuaiannya dengan perkembangan zaman maupun generasi. Peserta pelatihan dapat mengaplikasikan apa saja yang telah dilakukan selama ini dan dapat mengevaluasi hal-hal yang perlu diperbaiki dalam melaksanakan pembelajaran.

 “Diklat ini sangat penting bagi dosen, karena dalam setiap materi akan diberikan informasi, pengetahuan dan keterampilan tentang bagaimana menjalankan profesi dosen dengan kompetensi profesionalnya harus menyesuaikan dengan SNDikti serta berbagai perkembangan lintas generasi. Semoga semua peserta dapat mengikuti diklat ini dengan serius dan dinyatakan lulus”, ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sertifikasi Profesi LP3M UNG Dr. Wiwy T. Pulukadang, M.Pd menuturkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari yakni tanggal 27, 28, 29 dan 31 Juli 2023. Secara keseluruhan peserta pelatihan AA pada tahun 2023 ini diikuti oleh 40 dosen.

“Pelatihan AA ini merupakan pelatihan lanjutan bagi dosen muda. Pelatihan AA menempa dosen untuk mengkonstruksi pembelajaran yang diampunya untuk lebih baik. Dari mengetahui model-model pembelajaran abad 21, merekonstruksi mata kuliah, membuat bahan ajar secara lengkap, memetakan capaian pembelajaran, sehingga perangkat RPS dosen menjadi lengkap”, tutur Wiwy.

Dalam Pelatihan AA, peserta juga dibekali juga tentang bagaimana membuat penelitian untuk perbaikan pembelajaran, riset untuk pengembangan sampai pada penulisan artikel. Disamping itu, peserta juga dibekali pengetahuan tentang etika dan moral dalam pembelajaran serta karakter sosial abad 21.

Agenda

3 - 6 November 2023

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi
dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo dilaksanakan mulai Jumat, Sabtu, Minggu, hingga Senin/ 3, 4, 5, 6 Oktober 2023.

18 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan pencapaian kinerja LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Rabu, 18 Oktober 2023. Waktu 09.30 Wita di Aula LP3M Lt. 2

16 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan Visi dan Misi LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Senin, 16 Oktober 2023. Waktu 09.00 Wita di Aula LP3M Lt. 2

12 Oktober 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair Gorontalo 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair LLDIKTI XVI Digelar di UNG pada 12 Oktober 2023