Ketua LP3M Dampingi Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik

Oleh: Abdulrahim Maruwae . 10 Agustus 2023 . 19:07:14

Ketua LP3M UNG Prof. Dr. Hj. Elya Nusantari, M.Pd didampingi Kepala Pusat Penjaminan Mutu LP3M Jumiati Ilham, ST.,MT kembali menghadiri kegiatan Assesmen Lapangan Program Studi Pendidikan Teknik Mesin yang berlangsung di Gedung Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo, Kamis (10/8/2023). Pada kesempatan ini, Dekan Fakultas Teknik menerima kunjungan tim asesor BAN-PT, yaitu Dr. Eng. Agus Setiawan, M.Si (Universitas Pendidikan Indonesia) dan Dr. Drs. Riyadi, ST., MT. (Universitas Negeri Jakarta).

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, mulai 10 sampai 11 Agustus 2023. Hari ke-1 merupakan sesi pertemuan dengan UPPS, Penjaminan Mutu, Task Force, Alumni dan Pengguna, serta Dosen. Untuk heri ke-2 merupakan sesi pertemuan dengan tenaga kependidikan, mahasiswa, observasi pembelajaran, sarpras dan kerja mandiri. Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua LP3M, Sekretaris LP2M, Kepala Pusat Penjaminan Mutu, Unsur Pimpinan Fakultas Teknik dan Tim Task Force ini resmi dibuka Wakil Rektor Bidang Akademik UNG Dr. Harto Malik, M.Hum. Saat asessmen berlangsung, Rektor UNG Prof. Dr. Prof. Dr. Ir. Eduart Wolok, ST.,MT.,IPM yang juga merupakan salah satu DTPS Pendidikan Teknik Mesin, menyempatkan hadir ditengah kesibukannya yang cukup padat.

Prof. Eduart menyampaikan kegiatan AL ini merupakan salah satu tahapan dalam proses akreditasi yang bertujuan untuk melakukan verifikasi, validasi dan klarifikasi terhadap data dan informasi yang tertulis pada Laporan Evaluasi Diri (LED) dan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS). Disamping itu, tim asesor LAM-DIK juga melakukan penilaian lapangan di Program Studi sehingga diharapkan agar seluruh pihak terkait terutama Program studi dapat merespon dengan cepat dan tepat segala hal yang disampaikan oleh tim asesor.

Secara umum, dari hasil observasi dan penilaian asesor prodi Pendidikan Teknik Mesin yang dinahkodai oleh Sunardi, S.Pd., M.Pd sudah sangat baik. Adapun beberapa hal yang menjadi arahan untuk penjaminan mutu diantaranya perlu dibuat laporan hasil evaluasi mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh masing-masing dosen, serta diharapkan tim penjaminan mutu tidak perlu takut menuliskan hasil penilaian mahasiswa dimaksud.

Saat sesi dengan Penjaminan mutu, Kepala Pusat Penjaminan Mutu Jumiati Ilham, ST., MT bersama Ketua UPM FT Sartika Dewi Usman, ST., MT menjelaskan siklus pelaksanaan AMI di UNG, dan memperoleh apresiasi baik untuk pelaksanaan SPMI UNG, namun diharapkan untuk meningkatkan dengan melaksanakan SPMI berbasis Sistem Informasi.

Agenda

3 - 6 November 2023

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi
dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo dilaksanakan mulai Jumat, Sabtu, Minggu, hingga Senin/ 3, 4, 5, 6 Oktober 2023.

18 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan pencapaian kinerja LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Rabu, 18 Oktober 2023. Waktu 09.30 Wita di Aula LP3M Lt. 2

16 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan Visi dan Misi LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Senin, 16 Oktober 2023. Waktu 09.00 Wita di Aula LP3M Lt. 2

12 Oktober 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair Gorontalo 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair LLDIKTI XVI Digelar di UNG pada 12 Oktober 2023