Ketua LP3M UNG Berikan Pendampingan pada Workshop Kurikulum yang Diselenggarakan Prodi S2 Pendidikan Geografi dan Pendidikan Kimia

Oleh: Abdulrahim Maruwae . 18 Agustus 2023 . 19:07:14

Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Universitas Negeri Gorontalo (LP3M UNG) Prof. Elya Nusantari memberikan pendampingan pada workshop kurikulum dan perumusan visi keilmuan prodi yang diselenggarakan oleh Program Studi S2 Pendidikan Geografi dan S2 Pendidikan Kimia, pada Jumat (18/8/2023). Workshop ini merupakan bentuk tindak lanjut hasil rapat tinjauan manajemen (RTM) bagi program pascasarjana UNG yang telah dilakukan sebelumnya. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Direktur Bidang Akademik Prof. Dr. Hasyim, M.Si.

Workshop ini diikuti oleh Wakil Direktur 2 pasca sarjana Prof. Dr. Dra. Weny J.A. Musa, M.Si, Kaprodi S2 Pendidikan Geografi Dr. Nurfaika, S.Si, M.Sc., Kaprodi S2 Pendidikan Kimia Prof. Dr. Akram La Kilo, M.Si., serta para dosen pengampu mata kuliah dari Prodi S2 Pendidikan Geografi dan juga dari Prodi S2 Pendidikan Kimia. Workshop ini juga menghadirkan narasumber yang telah memiliki pengalaman dalam menyusun kurikulum berbasis kompetensi dan outcome based education (OBE) yaitu Ketua LP3M UNG Prof. Dr. Hj. Elya Nusantari, M.Pd dan Staf Ahli Rektor Bidang Akademik  Prof. Dr. Sayama Malabar, M.Pd.

Dalam workshop ini, Prof. Elya Nusantari berbagi pengalaman dan best practice dalam mengembangkan kurikulum prodi dipascasarjana dengan tujuan untuk membantu prodi baru dalam menyusun kurikulum yang sesuai dengan standar nasional pendidikan tinggi dan kebutuhan pasar kerja. Ia juga mengingatkan rencana tindakan koreksi terkait kelengkapan dokumen kurikulum dan kevalidan RPS OBE. Sehingga setiap prodi harus melakukan penyempurnaan kurikulum prodinya.

“Kegiatan ini penting sebagai upaya jaminan mutu prodi. Apresiasi kepada pimpinan pascasarjana UNG yang telah menindaklanjuti hasil RTM dengan menyelenggarakan kegiatan sesuai kebutuhan dan temuan AMI 2022. Memperhatikan berbagai kondisi yang ditemui dibeberapa program studi dan fakultas sejauh ini, LP3M menindaklanjuti dengan mengagendakan kegiatan penguatan implementasi pembelajaran CBL dan PjBL serta asessmen OBE pada bulan September nanti. Dalam kegiatan ini direncanakan mengundang narasumber nasional melalui Pusat Pengembangan dan Inovasi Pembelajaran” pungkas Elya.

Hasil dari workshop ini akan menjadi bahan masukan untuk penyusunan draft kurikulum Prodi Magister Pendidikan Geografi dan Pendidikan Kimia. Pendampingan dalam kegiatan workshop kurikulum ini merupakan salah satu upaya UNG melalui LP3M dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di setiap program studi. Diharapkan dengan menyelenggarakan workshop ini, Prodi Magister Pendidikan Kimia dan Pendidikan Geografi dapat menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing.

Agenda

3 - 6 November 2023

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi
dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo dilaksanakan mulai Jumat, Sabtu, Minggu, hingga Senin/ 3, 4, 5, 6 Oktober 2023.

18 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan pencapaian kinerja LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Rabu, 18 Oktober 2023. Waktu 09.30 Wita di Aula LP3M Lt. 2

16 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan Visi dan Misi LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Senin, 16 Oktober 2023. Waktu 09.00 Wita di Aula LP3M Lt. 2

12 Oktober 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair Gorontalo 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair LLDIKTI XVI Digelar di UNG pada 12 Oktober 2023