Lebih dari 2000 Pengunjung Meriahkan Visiting Booth Kampus Merdeka Fair UNG 2023

Oleh: Abdulrahim Maruwae . 12 Oktober 2023 . 21:19:14

Kampus Merdeka Fair (KM Fair) UNG 2023 yang diselenggarakan di Universitas Negeri Gorontalo (UNG) pada 12 Oktober 2023 berhasil menarik perhatian lebih dari 2000 pengunjung dari berbagai kalangan. Kampus Merdeka (KM) Fair 2023 di Kampus UNG ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan Universitas Negeri Gorontalo. Dalam kegiatan KM Fair di UNG ini, digelar beberapa agenda kegiatan yaitu Bedah Buku dan Diskusi Panel, Visiting Booth Kampus Merdeka Fair dan Presentasi Program MSIB Mitra Nasional KM Fair.  

Dalam agenda Visiting Booth Kampus Merdeka Fair, terlihat pengunjung memadati berbagai stand pameran dengan berbagai produk/karya mahasiswa dan mitra yang merupakan hasil pelaksanaan MBKM dari berbagai bidang ilmu dan profesi. Pengunjung KM Fair UNG 2023 dapat melihat, mencoba, atau membeli produk-produk karya mahasiswa dan mitra tersebut dengan harga terjangkau. Selain itu, pengunjung juga dapat berinteraksi langsung dengan para pembuat produk/karya tersebut dan mendapatkan informasi lebih lanjut tentang program MBKM di UNG.

Saat sesi visiting booth ini, Rektor UNG Prof. Dr. Ir. Eduart Wolok, ST., MT., IPM mengungkapkan bahwa kehadiran Program Kampus Merdeka harus disyukuri mahasiswa. MBKM berada pada era mendorong mahasiswa untuk lebih adaptif, dengan beragam perubahan terjadi di dunia kerja yang berlangsung begitu cepat. Sehingga MBKM ini menjadi solusi untuk menjawab perubahan tersebut, agar mahasiswa bisa memiliki tingkat adaptasi yang unggul dan siap untuk bersaing (ung.ac.id, 12/10/2023).

“Dengan MBKM mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih bidang ilmu pengetahuan, serta mengembangkan potensi diri masing-masing. Itu dilakukan semata-mata agar mahasiswa mendapatkan kesempatan yang lebih untuk berkembang. Yang istimewa program ini bersifat sukarela, dimana mahasiswa bebas memilih program kampus merdeka yang sesuai dengan kemampuan dan potensi diri. Untuk itu manfaatkan kesempatan program MBKM ini, dalam meningkatkan kompetensi individu mahasiswa untuk menyongsong masa depan gemilang," ungkap Prof. Eduart.

Booth KM Fair 2023 UNG yang menampilkan berbagai macam produk/karya yang dihasilkan melalui program MBKM ini dipamerkan oleh mitra nasional maupun lokal serta stakeholder di wilayah LLDIKTI XVI. Mulai dari PT. Amati Indonesia, PT. Cadfem Technology, PT. Bangkit Academy, Bappeda Bone Bolango, BSIP Bone Bolango, Diknas Bone Bolango dari mitra nasional dan lokal, juga dimeriahkan pameran produk/karya MBKM dari Universitas Tadulako, Universitas Gorontalo, Universitas Ichsan serta dari lingkungan UNG yaitu dari LP3M, LP2M, PKM, BPU dan DWP UNG.  

Keriuhan juga terlihat pada Booth dari Pelaksana Pusat Kampus Merdeka, selain mahasiswa banyak memperoleh informasi terbaru Program Kampus Merdeka, mereka juga mendapatkan berbagai exclusive merchandise yang menarik. Ketua LP3M UNG sekaligus Penanggungjawab KM Fair UNG 2023, Prof. Dr. Hj. Elya Nusantari, M.Pd., menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerjasama yang telah diberikan oleh Bapak Rektor dan seluruh jajaran pimpinan dalam implementasi MBKM di UNG. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Tim KM Fair Kemendikbudristek, pihak-pihak terkait, serta seluruh panitia dan peserta KM Fair UNG 2023.

“Penilaian tim pelaksana KM Fair Pusat yang disampaikan kepada saya dan tim panitia KM Fair UNG, bahwa selama penyelenggaran 8 kali KM Fair sejak tahun 2022 di 6 wilayah, dan tahun 2023 di 3 wilayah, UNG sebagai penyelenggara KM Fair terbaik dengan indikator dari aspek peserta yang mengikuti kegiatan ini merupakan peserta dengan jumlah terbesar. Indikator lainnya yaitu dari aspek penataan ruang sangat teratur, tertib acara, kontekstual, bukti nyata dilihat dari partisipasi mahasiswa dan karya-karya mahasiswa MBKM yang sangat sesuai dengan karakteristik daerah laut dan pesisir sesuai dgn Visi Misi UNG Unggul dan berdaya saing dalam inovasi di Kawasan Teluk Tomini”, pungkas Prof. Elya.

Agenda

3 - 6 November 2023

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi
dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo dilaksanakan mulai Jumat, Sabtu, Minggu, hingga Senin/ 3, 4, 5, 6 Oktober 2023.

18 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan pencapaian kinerja LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Rabu, 18 Oktober 2023. Waktu 09.30 Wita di Aula LP3M Lt. 2

16 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan Visi dan Misi LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Senin, 16 Oktober 2023. Waktu 09.00 Wita di Aula LP3M Lt. 2

12 Oktober 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair Gorontalo 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair LLDIKTI XVI Digelar di UNG pada 12 Oktober 2023