LP3M UNG Gelar Penyamaan Persepsi Dosen Pembimbing Lapangan PLP-2 Jalur Khusus Tahun 2023

Oleh: Abdulrahim Maruwae . 9 Oktober 2023 . 13:15:22

Pusat Pengalaman Lapangan Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menggelar kegiatan Penyamaan Persepsi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Program PLP-2, pada Senin (9/10/2023) secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang sama kepada para dosen pembimbing lapangan tentang tugas dan tanggung jawab mereka dalam membimbing mahasiswa peserta PLP-2 selama berada di sekolah mitra.

Ketua LP3M UNG, Prof. Dr. Hj. Elya Nusantari, M.Pd., dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan penyamaan persepsi dosen pembimbing lapangan PLP-2 sebagai bentuk kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan program dengan memberikan gambaran yang jelas dan lengkap tentang PLP-2 kepada dosen pembimbing lapangan dalam membina dan mengawasi mahasiswa bimbingannya di sekolah.

“Harapan kami kepada bapak/ibu sebagai DPL senantiasa diberikan kesehatan dan semangat untuk bisa menyukseskan Program PLP-2 ini. Dukungan bapak/ibu dalam memberikan bimbingan dan motivasi yang optimal kepada mahasiswa, koordinasi yang terus dibangun dengan pihak sekolah mitra, LP3M, dan program studi dalam memantau perkembangan dan evaluasi pembelajaran mahasiswa di lapangan membuat mahasiswa program studi kependidikan bisa menjadi calon guru yang kompeten dan profesional,” ujar Prof. Elya.

Materi-materi yang dibahas dalam kegiatan ini meliputi Kebijakan Pengembangan Profesi Guru dan Peningkatan Kompetensi, Pengembangan Pendidikan dan Tata Kelola PLP, Pembelajaran Inovatif, Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21, Sistem Pembimbingan Mahasiswa PLP dan Sistem Penilaian Kegiatan PLP. Narasumber yang terdiri dari tim LP3M ini memaparkan tentang konsep, tujuan, manfaat, ruang lingkup dan mekanisme pelaksanaan PLP. Kegiatan ini juga dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab antara narasumber dengan DPL mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan.

Kepala Pusat Pengalaman Lapangan selaku Ketua Panitia Pelaksana PLP-2 Dr. Muhammad Yusuf, M.Pd., menambahkan bahwa pelaksanaan penyamaan persepsi ini juga bertujuan untuk memastikan kesiapan dosen pembimbing dalam mengantar mahasiswa ke sekolah mitra serta mengkoordinasikan berbagai aktivitas mahasiswa di sekolah.

“Pengantaran mahasiswa ke sekolah mitra insya Allah dilaksanakan besok, Selasa (10/10/2023). Mahasiswa diantar oleh dosen pembimbing ke sekolah mitra yang berada di wilayah Kab. Bone Bolango, yaitu SMAN 1 Tapa, SMAN 6 Gorontalo, SMPN 1 Tapa, SMPN 1 Bulango Selatan, SMPN 1 Bulango Timur, dan SMPN 1 Tilongkabila. Kami berharap program ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak, serta mendukung pengembangan pendidikan di Kab. Bone Bolango,” sambung Muhammad Yusuf.

 

Agenda

3 - 6 November 2023

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi
dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo dilaksanakan mulai Jumat, Sabtu, Minggu, hingga Senin/ 3, 4, 5, 6 Oktober 2023.

18 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan pencapaian kinerja LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Rabu, 18 Oktober 2023. Waktu 09.30 Wita di Aula LP3M Lt. 2

16 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan Visi dan Misi LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Senin, 16 Oktober 2023. Waktu 09.00 Wita di Aula LP3M Lt. 2

12 Oktober 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair Gorontalo 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair LLDIKTI XVI Digelar di UNG pada 12 Oktober 2023