LP3M UNG Kembali Direkomendasikan Oleh Direktorat Sumber Daya Dikti Kemendikbudristek Sebagai Penyelenggara Pekerti/AA Sertifikasi Dosen

Oleh: Abdulrahim Maruwae . 25 Oktober 2023 . 11:44:57

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) kembali mendapatkan rekomendasi dari Direktorat Sumber Daya Dikti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai penyelenggara Pelatihan Keterampilan Dasar Mengajar (Pekerti) dan Applied Approach (AA) Sertifikasi Dosen.

Rekomendasi ini diberikan berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh tim penilai dari Direktorat Sumber Daya Kemendikbudristek terhadap kinerja LP3M UNG sebagai penyelenggara Pekerti/AA Sertifikasi Dosen sejak tahun 2021. Hasil evaluasi tersebut menunjukkan bahwa LP3M UNG telah memenuhi standar dan kriteria yang ditetapkan oleh Direktorat Sumber Daya Kemendikbudristek.

Ketua LP3M UNG, Prof. Dr. Hj. Elya Nusantari, M.Pd., mengatakan bahwa rekomendasi ini merupakan pengakuan dan apresiasi atas kerja keras dan dedikasi LP3M UNG dalam menyelenggarakan Pekerti/AA Sertifikasi Dosen. “Pekerti/AA merupakan pelatihan yang wajib diikuti oleh dosen yang ingin mengajukan sertifikasi dosen. Pelatihan ini meliputi materi-materi tentang konsep dan prinsip pembelajaran, perencanaan pembelajaran, strategi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, pengembangan bahan ajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta etika keprofesian dosen,” ujarnya.

“Kami berterima kasih kepada Direktorat Sumber Daya Kemendikbudristek yang telah memberikan rekomendasi kepada kami untuk kembali sebagai penyelenggara Pekerti/AA Sertifikasi Dosen. Kami berharap rekomendasi ini dapat menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas dan pelayanan kami kepada para peserta Pekerti/AA Sertifikasi Dosen,” sambung Prof. Elya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Diklat Sertifikasi Profesi Dr. Wiwy T. Pulukadang, M.Pd menyampaikan bahwa LP3M UNG telah menyelenggarakan Pekerti/AA Sertifikasi Dosen yang dinyatakan memenuhi kriteria Serdos sejak seleksi yang dilakukan oleh Direktorat Sumber Daya Kemendikbudristek pada tahun 2021. Hingga saat ini, LP3M UNG telah melatih dosen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia khususnya wilayah Sulawesi, baik negeri maupun swasta.

“LP3M UNG memiliki tim pengajar yang kompeten dan berpengalaman, serta fasilitas yang memadai untuk mendukung pelaksanaan Pekerti/AA Sertifikasi Dosen. Untuk itu, kami mengajak para dosen di Indonesia, khususnya di wilayah Sulawesi untuk mengikuti Pekerti/AA Sertifikasi Dosen yang diselenggarakan oleh LP3M UNG. Pekerti/AA Sertifikasi Dosen tidak hanya bermanfaat untuk memenuhi syarat sertifikasi dosen, tetapi juga untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan mengajar dosen. Kami menjamin bahwa pelatihan ini akan memberikan sertifikat yang sah dan diakui oleh Kemendikbudristek bagi peserta yang dinyatakan lulus mengikuti segala ketentuan/standar pelatihan,” Pungkas Wiwy.

Bagi yang ingin mengikuti Pekerti/AA Sertifikasi Dosen tahun 2023 yang diselenggarakan oleh LP3M UNG, dapat menghubungi panitia melalui nomor telepon 0811-4257-180 atau melalui email lp3m@ung.ac.id.

 

 

Agenda

3 - 6 November 2023

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi
dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo dilaksanakan mulai Jumat, Sabtu, Minggu, hingga Senin/ 3, 4, 5, 6 Oktober 2023.

18 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan pencapaian kinerja LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Rabu, 18 Oktober 2023. Waktu 09.30 Wita di Aula LP3M Lt. 2

16 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan Visi dan Misi LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Senin, 16 Oktober 2023. Waktu 09.00 Wita di Aula LP3M Lt. 2

12 Oktober 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair Gorontalo 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair LLDIKTI XVI Digelar di UNG pada 12 Oktober 2023