Mahasiswa Peserta Program Mengajar di Sekolah (PMS) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Bacth 2 kembali ke Kampus

Oleh: Abdulrahim Maruwae . 19 Januari 2023 . 21:47:07

Sejak tanggal 28 September 2022 sampai dengan 19 Januari 2023 sebanyak 626 mahasiswa peserta PMS MBKM berada di Kabupaten Boalemo dan Kabupaten Pohuwato. Melalui kerja sama dengan sekolah mitra 28 sekolah mitra di Kabupaten Boalemo dan 25 sekolah mitra di Kabupaten Pohuwato terdiri dari jenjang PAUD, Sekolah Dasar, SMP dan MTs, SMA, MA dan SMK mahasiswa melaksanakan aktivitas melalui kegiatan belajar di luar kampus dalam mengemban perencanaan belajar 20 SKS.

Dalam pelaksanaan tugas perkuliahan di luar kampus ini, mahasiswa memperoleh pengalaman nyata persekolahan yang dibimbing oleh 132 guru pamong yakni 67 guru di Kabupaten Boalemo dan 65 guru di Kabupaten Pohuwato serta 53 kepala sekolah yakni 28 kepala sekolah dari Kabupaten Boalemo dan 25 kepala sekolah dari Kabupaten Pohuwato.

Penjemputan mahasiswa peserta PMS MBKM dari dua daerah di kawasan Teluk Tomini  ini  dilakukan langsung oleh setiap Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) UNG  Prof. Dr. Hj. Elya Nusantari, M.Pd dalam rangkai penjemputan mahasiswa  peserta PMS MBKM dalam sambutannya di SMP Negeri 1 Paguyaman menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah daerah lebih khusus kepada Kepala Sekolah dan Guru Pamong serta seluruh sivitas sekolah mitra karena dengan bantuan sivitas sekolah mitra program kerja mahasiswa di dalam PMS MBKM terlaksana dan bisa diselesaikan sesuai program masing-masing kelompok mahasiswa melalui kolaborasi kelompok mahasiswa di setiap sekolah mitra. Ketua LP3M juga menyampaikan bahwa PMS MBKM tahun 2022 dilaksanakan dalam dua gelombang di Kabupaten Boalemo  dan Kabupaten Pohuwato. Kegiatan ini sebagai Program MBKM Mandiri yang pertama dilaksanakan oleh UNG dan telah mendapat perhatian dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi karena sebagai pelaksanaan MBKM yang telah mengikutkan 1105 mahasiswa, hal ini belum terjadi diperguruan tinggi lain. Penjemputan mahasiswa peserta PMS MBKM di dua kabupaten dilaksanakan selama 2 hari secara estafet terkoordinasi oleh LP3M UNG mulai dari SMP Negeri 1 Paguayaman sampai dengan SMP Negeri 1 Popayato. Dalam rangkaian penjemputan mahasiswa peserta PMS MBKM ini, dosen pembimbing lapangan turut memberikan sambutan di setiap sekolah mitra tempat mahasiswa bimbingannya. Seperti yang dilakukan oleh DPL kelompok mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika di MTs Al Mubarak Marisa, pada samputan penjemputan ini menyampaikan bahwa semua pengalaman nyata persekolahan yang diperoleh selama melaksanakan pembimbingan banyak program yang telah dilaksanakan disekolah dapat adopsi dan ditransformasi menjadi program utama atu program inti pada pelaksanaan kegiatan PMS MBKM pada gelombang  berikutnya.

Agenda

3 - 6 November 2023

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi
dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo dilaksanakan mulai Jumat, Sabtu, Minggu, hingga Senin/ 3, 4, 5, 6 Oktober 2023.

18 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan pencapaian kinerja LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Rabu, 18 Oktober 2023. Waktu 09.30 Wita di Aula LP3M Lt. 2

16 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan Visi dan Misi LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Senin, 16 Oktober 2023. Waktu 09.00 Wita di Aula LP3M Lt. 2

12 Oktober 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair Gorontalo 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair LLDIKTI XVI Digelar di UNG pada 12 Oktober 2023