Mulai Hari Ini, 94 Mahasiswa UNG Laksanakan PLP-2 Jalur Khusus di Sekolah Mitra

Oleh: Abdulrahim Maruwae . 10 Oktober 2023 . 13:11:41

Mulai hari ini, Selasa, 10 Oktober 2023, sebanyak 94 mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo (UNG) melaksanakan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)-2 di sekolah-sekolah mitra. Kegiatan ini merupakan merupakan salah satu program pengalaman lapangan bagi mahasiswa program studi kependidikan yang diselenggarakan oleh UNG dalam rangka mempersiapkan calon guru yang kompeten dan profesional.

PLP-2 merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswa dalam mengenal dan berinteraksi dengan lingkungan sekolah, baik dengan guru, siswa, maupun masyarakat sekitar. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengamati dan mempelajari proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah, serta untuk mengembangkan keterampilan dan profesionalisme sebagai calon guru.

Ketua LP3M UNG Prof. Dr. Hj. Elya Nusantari, M.Pd. mengucapkan selamat dan sukses kepada mahasiswa yang melaksanakan PLP-2 di sekolah-sekolah mitra. 94 mahasiswa yang diberi kesempatan mengikuti PLP-2 jalur khusus ini berasal dari 10 program studi, yaitu Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Pendidikan Ekonomi, dan Pendidikan Seni Rupa.

“PLP-2 ini dilaksanakan selama 2 bulan, yaitu dari 10 Oktober hingga 10 Desember 2023, dengan bimbingan dan pengawasan dari dosen pembimbing lapangan dan guru pamong di sekolah. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam menyiapkan diri menjadi guru yang berkualitas dan berkompeten. Semoga sukses kegiatannya dengan tetap menjaga kesehatan dan selalu semangat dalam melaksanakan aktivitas persekolahan”, ungkap Prof. Elya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Pengalaman Lapangan selaku Ketua Panitia Pelaksana Dr. Muhammad Yusuf, M.Pd menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan PLP-2 jalur khusus ini melibatkan 6 sekolah mitra di wilayah Bone Bolango. Mahasiswa peserta PLP-2 akan mendapatkan bimbingan dan pengawasan dari dosen pembimbing, kepala sekolah serta guru pamong dari sekolah mitra.

“Mulai hari ini mahasiswa menjalankan aktivitas PLP-2 di sekolah mitra. Sebanyak 94 mahasiswa peserta PLP-2 diantar oleh 21 dosen pembimbing yang tersebar di SMAN 1 Tapa, SMAN 6 Gorontalo, SMPN 1 Tapa, SMPN 1 Bulango Selatan, SMPN 1 Bulango Timur, dan SMPN 1 Tilongkabila. Kami berharap program ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak, serta mendukung pengembangan pendidikan di Kab. Bone Bolango,” sambung Muhammad Yusuf.

Agenda

3 - 6 November 2023

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi
dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo dilaksanakan mulai Jumat, Sabtu, Minggu, hingga Senin/ 3, 4, 5, 6 Oktober 2023.

18 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan pencapaian kinerja LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Rabu, 18 Oktober 2023. Waktu 09.30 Wita di Aula LP3M Lt. 2

16 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan Visi dan Misi LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Senin, 16 Oktober 2023. Waktu 09.00 Wita di Aula LP3M Lt. 2

12 Oktober 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair Gorontalo 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair LLDIKTI XVI Digelar di UNG pada 12 Oktober 2023