Optimalkan Peran Dalam Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Penjaminan Mutu, Tim LP3M UNG Lakukan Benchmarking di SPM Universitas Negeri Malang

Oleh: Abdulrahim Maruwae . 29 September 2023 . 17:14:07

Sebagai salah satu upaya untuk mengoptimalkan peran LP3M dalam mendukung percepatan transformasi UNG menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH), tim LP3M UNG melakukan External Benchmarking terkait pengelolaan data dan sistem informasi dalam menunjang tata kelola penjaminan mutu dan akreditasi di UPT Satuan Penjaminan Mutu (SPM) Universitas Negeri Malang, Jumat (29/9/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor UPT SPM lt. 8 Rektorat UM ini, diterima secara resmi oleh Kepala UPT SPM UM Dr. Swasono Rahardjo, S.Pd, M.Si bersama jajaran Ketua Bidang dan Supporting Administration SPM UM. Tim LP3M dipimpin langsung oleh Ketua LP3M UNG Prof. Dr. Elya Nusantari, M.Pd didampingi Kepala Devisi Data dan Informasi dan Kasub. Koordinator Tendik LP3M.

Kegiatan benchmarking ini dimaksudkan untuk untuk menggali informasi tentang praktik baik (best practices) terkait pengelolaan data dan sistem informasi dalam menunjang tata kelola penjaminan mutu dan akreditasi di Universitas Negeri Malang yang merupakan salah satu kampus Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang telah berstatus sebagai PTNBH. Pada kesempatan ini juga, Ketua LP3M UNG dan Kepala UPT SPM UM menandatangani perjanjian kerja sama tentang penjaminan mutu.

Kepala UPT SPM UM Dr. Swasono Rahardjo, S.Pd, M.Si menyambut baik kunjungan dari UNG, dan mengapresiasi kerjasama yang terjalin antara LP3M UNG dengan UPT SPM UM. Ia juga menyampaikan bahwa tata kelola penjaminan mutu merupakan domain dari SPM berdasarkan struktur organisasi dan tata kelola (OTK) Universitas Negeri Malang.

Dalam kesempatan ini, Dr. Swasono memaparkan Tata Kelola Penjaminan Mutu yang dilanjutkan dengan pemaparan dari Subdit Data dan Informasi UM, serta pemaparan dari Ketua Bidang Akreditasi Nasional. Pada pertemuan ini Kepala SPM didampingi oleh Sekretaris SPM, Ketua Bidang Akreditasi Internasional, Ketua Bidang Akreditasi Nasional serta beberapa staf dan jajaran SPM UM.

Pada kesempatan yang sama, Ketua LP3M UNG Prof. Dr. Hj. Elya Nusantari, M.Pd selaku ketua rombongan menyampaikan bahwa selain kegiatan ini diperlukan untuk mendapatkan informasi terkait best practices pengelolaan data dan sistem informasi dalam menunjang tata kelola penjaminan mutu di UM, juga untuk memperoleh informasi tentang manajemen pelaksanaan akreditasi yang dilaksanakan oleh LAM (Lembaga Akreditasi Mandiri) maupun oleh lembaga akreditasi Internasional seperti FIBAA, ASIIN, dan lain-lain. Ia menyampaikan terima kasih kepada Universitas Negeri Malang, melalui Dr. Swasono bersama seluruh jajaran yang telah bersedia menerima kunjungan dan berbagi informasi penting kepada UNG.

Dalam kegiatan ini juga, turut hadir Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran LPPP UM Prof. Dr. Lia Yuliati, M.Pd yang memaparkan best practices terkait pengembangan kurikulum, tata kelola MBKM dengan dukungan sistem informasi terintegrasi.

Agenda

3 - 6 November 2023

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi
dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo dilaksanakan mulai Jumat, Sabtu, Minggu, hingga Senin/ 3, 4, 5, 6 Oktober 2023.

18 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan pencapaian kinerja LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Rabu, 18 Oktober 2023. Waktu 09.30 Wita di Aula LP3M Lt. 2

16 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan Visi dan Misi LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Senin, 16 Oktober 2023. Waktu 09.00 Wita di Aula LP3M Lt. 2

12 Oktober 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair Gorontalo 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair LLDIKTI XVI Digelar di UNG pada 12 Oktober 2023