Presentasi Program MSIB dari Mitra Nasional Turut Meriahkan KM Fair UNG 2023

Oleh: Abdulrahim Maruwae . 12 Oktober 2023 . 23:07:11

Kampus Merdeka Fair (KM Fair) UNG 2023 tidak hanya menampilkan karya-karya mahasiswa MBKM, tetapi juga menampilkan presentasi Program Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dari beberapa mitra nasional UNG. Ratusan mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo (UNG) mengikuti presentasi Program MSIB dari Mitra Nasional yaitu PT. Amati Indonesia, PT Cadfem Technology dan PT. Bangkit Academy pada acara KM Fair UNG 2023 yang berlangsung di Aula Prof. Kadir Abdussamad Fakultas Ekonomi UNG, Kamis (12/10/2023).

Program MSIB adalah salah satu program MBKM yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan berkarya di dunia kerja bersama dengan mitra industri, seperti perusahaan, instansi pemerintah, atau organisasi non-pemerintah, dalam bidang ilmu dan profesi yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Dalam kesempatan ini, mitra nasional memberikan informasi dan kesempatan kepada mahasiswa UNG yang ingin mengembangkan kompetensi dan keterampilan di bidang teknologi informasi, seperti pemrograman, data science, machine learning, artificial intelligence, cloud computing dan internet of things.

Ketua Panitia KM Fair UNG 2023, Angry Solihin, S.P., M.Sc., mengatakan bahwa magang MSIB ini merupakan salah satu program unggulan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang bekerja sama dengan mitra industri, seperti perusahaan, instansi pemerintah, atau organisasi non-pemerintah untuk meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi di Indonesia. “Magang MSIB ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar langsung dari praktisi dan ahli di bidangnya. Selain itu, mahasiswa juga akan mendapatkan sertifikat kompetensi yang diakui oleh industri dan pemerintah,” ujar Angry.

Presentasi mitra ini diawali dengan sambutan dari PIC Patnership KM Fair Belmawa, Tutus Kusuma. Dalam sambutannya ia memberikan motivasi ke mahasiswa dan memberi gambaran sekilas terkait Program Kampus Merdeka yang sudah berjalan sejauh ini. Dilanjutkan dengan panel presentasi dari PT. Amati Indonesia oleh Viringga Prasetya Kusuma, PT. Cadfem Technology oleh Gilang Pradhypta dan PT. Bangkit Academy oleh Adrianus Yoza Aprilio.

Mitra-mitra nasional UNG tersebut membagikan pengalaman dan testimoni tentang kerjasama dan kolaborasi yang telah terjalin dengan berbagai perguruan tinggi termasuk UNG dalam mengimplementasikan program MSIB. Mereka juga menjelaskan tentang profil organisasi mereka, visi dan misi mereka, program-program yang mereka lakukan, serta peluang-peluang yang mereka tawarkan kepada mahasiswa UNG untuk bergabung dengan program MSIB.

Mahasiswa UNG yang mengikuti presentasi program MSIB ini sangat antusias dan tertarik dengan informasi-informasi yang disampaikan oleh mitra-mitra nasional UNG. Mereka juga berkesempatan untuk bertanya dan berdiskusi langsung dengan para perwakilan mitra nasional UNG tentang program MSIB.

Dalam kesempatan ini Ketua LP3M UNG sekaligus Penanggungjawab KM Fair UNG 2023, Prof. Dr. Hj. Elya Nusantari, M.Pd., menuturkan bahwa magang MSIB ini terbuka untuk semua jurusan dan program studi di UNG, asalkan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh masing-masing perusahaan/mitra. “Kami berharap magang MSIB ini dapat menjadi jembatan bagi mahasiswa UNG untuk memasuki dunia kerja yang semakin kompetitif dan dinamis dengan memiliki bekal sumber daya manusia yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan era industri 4.0,” tutur Prof. Elya.

Presentasi program MSIB dari mitra nasional UNG ini merupakan salah satu upaya dari Pusat MBKM LP3M UNG untuk mendorong dan memfasilitasi mahasiswa UNG untuk mengikuti program MBKM di bidang industri. Program MBKM dibidang industri diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNG untuk belajar dan berkarya di dunia kerja bersama dengan mitra industri dalam bidang ilmu dan profesi yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Agenda

3 - 6 November 2023

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi
dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo dilaksanakan mulai Jumat, Sabtu, Minggu, hingga Senin/ 3, 4, 5, 6 Oktober 2023.

18 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan pencapaian kinerja LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Rabu, 18 Oktober 2023. Waktu 09.30 Wita di Aula LP3M Lt. 2

16 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan Visi dan Misi LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Senin, 16 Oktober 2023. Waktu 09.00 Wita di Aula LP3M Lt. 2

12 Oktober 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair Gorontalo 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair LLDIKTI XVI Digelar di UNG pada 12 Oktober 2023