Pusat MKWU dan MKPU LP3M UNG Selenggarakan FGD Penyusunan Dokumen Kebijakan Perguruan Tinggi Terkait Unit Pelaksanaan Akademik MKWK

Oleh: Abdulrahim Maruwae . 5 Agustus 2023 . 07:14:23

Pusat MKWU dan MKPU LP3M UNG menyelenggarakan kegiatan FGD Penyusunan Dokumen Kebijakan Perguruan Tinggi Terkait Unit Pelaksanaan Akademik MKWK, jumat (4/8). Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan dokumen kebijakan yang mengatur pelaksanaan empat mata kuliah (Agama, Pancasila, Kewarganegaraan dan Bahasa Indonesia) dalam membentuk karakter mahasiswa yang memiliki Profil Pelajar Pancasila. Pelaksanaan MKWK ini diatur dalam Keputusan Dirjen Dikti Nomor 84/E/KPT/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Mata Kuliah Wajib pada Kurikulum Pendidikan Tinggi. Kegiatan FGD ini merupakan implementasi dari perolehan hibah Program Bantuan Pengembangan MKWK Pendidikan Tinggi Berbasis Proyek dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek. 

Kegiatan yang dihadiri oleh wakil dekan bidang akademik, dosen pengampu MKWU, Kepala Pusat dan Kepala Divisi di lingkungan LP3M ini dibuka oleh bapak Rektor yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Muhammad Amir Arham, M.E. Dalam sambutannya memberikan arahan terkait kebutuhan dokumen kebijakan penyelenggaran MKWK dan MKPU serta penguatan kelembagaan unit pengelola MKWK. “Kegiatan ini sangat penting untuk mendeteksi kebutuhan dalam mengelola MKWK dan MK Penciri Universitas, semoga hasil dari kegiatan ini melahirkan kebijakan yang dapat digunakan oleh pengelola dalam upaya membentuk karakter mahasiswa yang memiliki profil pelajar pancasila”, ujarnya.  

Pada kesempatan yang sama, Ketua LP3M Prof. Dr. Hj. Elya Nusantari, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa FGD ini sangat penting penting untuk pengelolaan MKWU di UNG. “Diharapkan permasalahan-permasalahan implementasi MKWK, seperti kurangnya pengajar itu bisa dipecahkan dan diputuskan melalui kebijakan rektor”, jelasnya.

Dalam FGD ini membahas beberapa materi yaitu Diskusi Transformasi Kelembagaan MKWK UNG oleh Prof. Karmila Machmud, S.Pd., M.A., Ph.D dan Prof. Dr. Hj. Elya Nusantari, M.Pd. Materi Overviu FGD Penyusunan Dokumen Kebijakan Perguruan Tinggi terkait Unit Pelaksana Akademik MKWK oleh Dr. Candra Cuga, S.Pd., M.Pd., MCE serta materi Refleksi dan Rencana Tindak Lanjut oleh Dr. Nurhayati Tine, M.Hi.

Selanjutnya, Kepala Pusat MKWU dan MKPU LP3M Dr. Nurhayati Tine, M.Hi mengharapkan kegiatan ini dapat berjalan sukses, para peserta dapat memahami materi yang diberikan serta memberikan tanggapan atas kondisi yang dirasakan oleh program studi maupun fakultas. “Saat ini terdapat beberapa tantangan yang perlu diperhatikan oleh Pusat MKWU diantaranya ada 8 tantangan yaitu: 1). beberapa jurusan di lingkungan UNG belum seluruhnya menjadwalkan dosen yang ditetapkan unit MKWK; 2). Latar belakang keilmuan dosen yang mengajar MKWK masih ada yang belum sesuai, tetapi dosen yang bersangkutan tetap mengajar karena kekurangan jam; 3). Penetapan sebaran ganjil genap belum maksimal; 4). Beban mengajar dosen MKWK besar; 5). Materi ajar MKWK berbeda-beda; 6). RPS MKWK belum divalidasi sesuai dengan ketentuan OBE; 7). Belum optimalnya peningkatan kompetensi dosen MKWK; 8). Anggaran untuk unit MKWK UNG belum selesai”, ujarnya. 

Agenda

3 - 6 November 2023

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi
dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo dilaksanakan mulai Jumat, Sabtu, Minggu, hingga Senin/ 3, 4, 5, 6 Oktober 2023.

18 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan pencapaian kinerja LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Rabu, 18 Oktober 2023. Waktu 09.30 Wita di Aula LP3M Lt. 2

16 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan Visi dan Misi LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Senin, 16 Oktober 2023. Waktu 09.00 Wita di Aula LP3M Lt. 2

12 Oktober 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair Gorontalo 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair LLDIKTI XVI Digelar di UNG pada 12 Oktober 2023