Showcase Duta Peace Sebaya Sebagai model Sekolah Perdamaian Indonesia, Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) Liga 1 Prodi PGSD FIP UNG 2022

Oleh: Abdulrahim Maruwae . 25 Desember 2022 . 07:49:23

Kwandang 24 Desember 2022, Ketua LP3M menghadiri puncak  kegiatan program PK-KM yang dilaksanakan oleh Dosen dan mahasiswa PGSD UNG. Program PK-KM yang telah dilaksanakan selama 1 semester tersebar di beberapa lokasi di wilayah Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo Utara sebanyak 100 mahasiswa. Salah satu kegiatan yang dilakukan pada hari ini adalah Kegiatan Showcase Peace sebaya. Sekolah yang  dipilih sebagai pilot project ada 3 Sekolah Dasar yang berada di  Kabupaten Gorontalo Utara, yaitu SDN 1 Kwandang, SDN 2 Kwandang, dan SDN 3 Kwandang. Dalam sambutannya Ketua LP3M menyampaikan bahwa program PKKM sebagai program hibah nasional yang sangat bergengsi. Karena UNG bisa lolos bersama dengan PT besar di Indonesia. UNG mengusung tema pemberdayaan Pendidikan di Teluk Tomini.Program Program yang dilakukaan sangat mendukung pemberdayaan bidang Pendidikan yang ada di wilayah pesisir. UNG sudah mendapatkan hibah ini selama 2 tahun. Semua civitas UNG dan daerah sangat berharap program ini dapat diperoleh kembali tahuan depan dan berlanjut ke prodi prodi lainnya.

Ketua tim pelaksana program PK-KM liga 1 yang juga sebagai ketua Jurusan Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Dr. Candra Cuga, S.Pd.,M.Pd dalam sambutannya menyatakan  program PKKM ini dilaksanakan oleh sebanyak 100 mahasiswa dengan 4 aktivitas yakni  multiliterasi, Bina Pretasi, Edutainment dan Model Sekolah Perdamaian. Dr. Candra merasa sangat bersyukur dan terharu atas terselenggaranya acara puncak PK-KM untuk  showcase Duta Peace Sebaya Sebagai model Sekolah Perdamaian Indonesia yang dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas FIP UNG, kegiatan juga dihadiri oleh Asisten III Kab. Gorontalo Utara, Kadis Pendidikan Gorut,  Dandim 1416, Kepala Sekolah dan  Pengawas Sekolah, serta orang tua siswa.

Asisten III Kab. Gorontalo, sangat mengapresiasi program PK-KM yang telah ditunjukkan oleh UNG di 3 sekolah dasar yang berada di lingkungan Gorut, dan berharap kegiatan ini dapat di terus dilaksanakan dan dikembangkan untuk menjadikan generasi bangsa yang berakhlak mulia.

Tanggung jawab untuk mendidik anak-anak bangsa merupakan tanggung jawab kita semua, demikian ucap Kadis Pendidikan Gorut Irwan Abudi Usman, M.Pd., Harapan beliau 3 sekolah Dasar yang telah menjadi sekolah tempat pelaksanaan Program PK-KM harus dapat menjadi percontohan di Gorut bahkan secara Nasional dan harus dapat menyebarkan hal-hal positif yang telah diperoleh selama ini khususnya dalam membentuk karakter positif siswa-siswa.

Pada kegiatan ini, ke 3 sekolah menunjukkan hasil pembelajaran yang telah diberikan oleh mahasiswa Program PK-KM yang memperlihatkan  karakter- karakter yang sangat positif  melalui  berbagai kreatifitas seni yang sangat  luar biasa yang bertujuan untuk showcase perdamaian berisi ajakan perdamaian, tidak membedakan suku agama ras, Stop Bullying baik verbal maupun non verbal. Kegiatan diakhiri dengan penandatangan Deklarasi Duta Peace Sebaya Program Sekolah Perdamaian.Harapannya sekolah sekolah lainnya dapat mengikuti dan menerapkan model sekolah perdamaian.

Agenda

3 - 6 November 2023

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi
dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo dilaksanakan mulai Jumat, Sabtu, Minggu, hingga Senin/ 3, 4, 5, 6 Oktober 2023.

18 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan pencapaian kinerja LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Rabu, 18 Oktober 2023. Waktu 09.30 Wita di Aula LP3M Lt. 2

16 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan Visi dan Misi LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Senin, 16 Oktober 2023. Waktu 09.00 Wita di Aula LP3M Lt. 2

12 Oktober 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair Gorontalo 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair LLDIKTI XVI Digelar di UNG pada 12 Oktober 2023