Siap Laksanakan 20 SKS Jam Kerja di Sekolah Mitra, Mahasiswa PMS MBKM UNG Paparkan Rancangan Aktivitas Kegiatan

Oleh: Abdulrahim Maruwae . 19 September 2023 . 09:15:25

Sebanyak 723 mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo (UNG) yang mengikuti Program Mengajar di Sekolah (PMS) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Batch 4 Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024 mulai mempresentasikan rancangan aktivitas kegiatan yang akan mereka laksanakan di setiap sekolah mitra yang tersebar di Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo dan di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Provinsi Sulawesi Utara.

Rancangan aktivitas kegiatan dipresentasikan di depan Kepala Sekolah dan Guru Pamong, baik secara individu maupun berkelompok sesuai program studi masing-masing sejak Jumat (15/9/2023) hingga Kamis (21/9/2023). Tujuan presentasi ini untuk menginformasikan rencana aktivitas kegiatan setiap mahasiswa selama bertugas di sekolah mitra yang diequivalensi sebanyak 20 SKS. Selain itu, untuk mendapatkan masukan dan saran dari kepala sekolah dan guru pamong terkait dengan pelaksanaan aktivitas kegiatan yang telah disiapkan oleh mahasiswa sebelum turun ke sekolah mitra.

Ketua LP3M UNG, Prof. Dr. Hj. Elya Nusantari, M.Pd, menuturkan bahwa presentasi rancangan aktivitas mahasiswa PMS  merupakan salah satu tahapan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa sebelum melaksanakan berbagai aktivitas di sekolah. Ia juga menambahkan bahwa aktivitas kegiatan yang dirancang oleh mahasiswa harus setara dengan 20 SKS. Setiap inidividu bisa saja berbeda, tergantung dari bentuk equivalensi yang dipilih.

“Kami ingin memastikan bahwa program kegiatan yang dirancang oleh mahasiswa bersesuaian dengan capaian pembelajaran pada MK equivalensi. Di samping itu, aktivitas kegiatan merupakan program yang dapat dilaksanakan karena sesuai dengan kondisi sekolah mitra, serta merupakan aktivitas yang dibutuhkan oleh sekolah karena memiliki nilai inovasi dan literasi digital. Kami juga ingin memastikan bahwa program kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat bagi siswa, guru, dan sekolah serta bagi mahasiswa sebagai pengalaman belajar yang bermakna,” ujar Prof. Elya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Pengalaman Lapangan selaku Ketua Panitia PMS MBKM Dr. Muhammad Yusuf, M.Pd., menambahkan bahwa setelah mahasiswa memaparkan dan mendapatkan persetujuan dari Guru Pamong dan Kepala Sekolah, rancangan aktivitas kegiatan tersebut harus diupload pada akun mahasiswa melalui laman kampusmerdeka.ung.ac.id.

“Kami berharap bahwa melalui aktivitas kegiatan yang dilaksanakan dalam PMS ini, mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan di lapangan persekolahan nantinya, serta dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pendidikan di Kawasan Teluk Tomini,” pungkas Muhammad Yusuf.

Agenda

3 - 6 November 2023

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi
dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo dilaksanakan mulai Jumat, Sabtu, Minggu, hingga Senin/ 3, 4, 5, 6 Oktober 2023.

18 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan pencapaian kinerja LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Rabu, 18 Oktober 2023. Waktu 09.30 Wita di Aula LP3M Lt. 2

16 Oktober 2023

Rapat Internal LP3M

Sehubungan dengan pembahasan Visi dan Misi LP3M, mengundang Bapak/Ibu Kepala Pusat dan Kepala Devisi di lingkungan LP3M untuk menghadiri rapat pada Senin, 16 Oktober 2023. Waktu 09.00 Wita di Aula LP3M Lt. 2

12 Oktober 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair Gorontalo 2023

Kampus Merdeka (KM) Fair LLDIKTI XVI Digelar di UNG pada 12 Oktober 2023